Jumat, 29 Agustus 2014

Desain Rumah Lahan 90m2

Postingan hari ini tentang desain rumah mungil lagi. Desain ini untuk lahan berukuran 6 x 15 meter. Rumah terdiri dari tiga lantai; lantai pertama untuk ruang bersama, lantai kedua untuk ruang privat, lantai ketiga untuk ruang servis dan taman. Berikut adalah denahnya.


Lantai dasar terdiri dari ruang-ruang bersama dengan penggunaan sekat seminimal mungkin untuk menciptakan kesan luas. Untuk menerima tamu dibuat foyer mungil di bagian depan. Tepat disampingnya ada dapur yang memiliki jendela menghadap depan; sambil memasak, nyonya rumah bisa mangawasi rumah. Ruang makan dan ruang keluarga ditempatkan di bagian belakang untuk menjaga privasi dan keamanan. Ruang-ruang ini terbuka ke arah taman belakang yang juga bisa difungsikan untuk parkir sepeda dan motor. Rumah ini juga memiliki pintu samping dengan lorong yang menghubungkan carport dengan taman belakang. Lorong ini bisa menjadi perpanjangan tempat parkir, sementara di langit-langitnya bisa dibuat rak-rak untuk gudang. Tak lupa ada toilet yang disembunyikan di bawah tangga.

Lantai kedua diutamakan untuk area privat, berisi kamar-kamar tidur. Di bagian depan terdapat dua ruang tidur anak dengan jendela menghadap void untuk menjaga privasi dan keamanan. Dinding bagian depan void menggunakan bata kerawang untuk mengalirkan udara dan aksen pada rumah. Pemilik rumah juga dapat menanam tanaman hias dan merambatkannya ke dinding ini. Di bagian belakang adalah ruang tidur utama dengan jendela ke arah void taman belakang. Di bagian tengah rumah adalah ruang serbaguna, dapat menjadi area bermain maupun ruang belajar bagi anak-anak. Di lantai dua ini kamar mandi dan toilet dibuat secara terpisah sehingga fungsinya dapat dioptimalkan.

Lantai tiga disiapkan untuk ruang-ruang pendukung. Di bagian depan adalah gudang dengan langit-langit miring. Mengingat posisinya di lantai atas, apabila diperlukan ruang ini bisa dijadikan ruang ibadah dengan sedikit meninggikan atap agar lebih nyaman. Di bagian tengah adalah ruang servis yang menampung kegiatan cuci dan jemur. Ruang di bagian belakang bisa menjadi taman atap sebagai fasilitas rekreasi.

Contoh layout rumah dapat dilihat pada gambar berikut.

Gambaran tampak depan rumah sebagai berikut.

Tampak tiga dimensinya kira-kira seperti berikut ini.




Yang ini adalah void bagian depan yang ditutup dinding kerawang, dilihat dari atas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar